Pesta 3 Malaikat Agung Katolik Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Pesta 3 Malaikat Agung Katolik Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Malaikat Agung Gabriel

Malaikat Agung Gabriel adalah malaikat yang sering kali dihubungkan dengan misi istimewa dari Allah. Nama Gabriel itu sendiri adalah membawa kebenaran, harapan dan perubahan.

Gabriel adalah malaikat yang tugasnya menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia, salah satu pesan yang Ia sampaikan adalah berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lucas 1:19,26)

Malaikat Gabriel adalah malaikat Inkarnasi, penjaga sakramen Baptis dan malaikat belas kasihan, Ia seringkali di gambarkan memegang bunga lili yang melambangkan jiwa murni yang dihasilkan dari sakramen baptis dan taubat.

Malaikat Agung Sealtiel

Malaikat Sealtiel adalah salah satu dari 7 Malaikat agung dalam tradisi agama Katolik, Santo Sealtiel merupakan malaikat agung yang bertugas menghadapkan doa-doa umat manusia kepada Tuhan. Sealtiel juga di gambarkan sebagai lambang doa penghubung antara manusia dengan Tuhan, dan berperan sebagai penjaga Misa Kudus.

Melalui artikel ini, kita telah memahami mengenai 7 nama-nama malaikat beserta tugasnya menurut agama Katolik. Melalui artikel ini kita memahami tentang keberagaman iman dan keyakinan, kepercayaan akan keberadaan malaikat dan juga pengabdiannya menjadi bagian penting dalam agama Katolik. Setiap malaikat agung memiliki tugas dan peran penting dalam membantu umat manusia dan melayani Tuhan.

Kehadiran malaikat mengingatkan kita akan kasih dan perhatian Tuhan, mengajarkan pentingnya berdoa, dan meneladani sikap-sikap seperti kesetiaan, kasih, dan ketaatan kepada Tuhan.

Artikel ini mengajak kita untuk saling menghormati dalam keberagaman iman, bersyukur atas berkat dalam hidup, dan menyayangi sesama. Dengan menghayati pesan-pesan yang tersirat dalam tugas-tugas malaikat, kita dapa memperkaya pengalaman rohani dan meningkatkan keimanan spiritual kita dalam perjalanan hidup kita.

Malaikat Agung atau Penghulu Malaikat (bahasa Latin: Archangelus; bahasa Yunani: Αρχάγγελος, Arkanggelos) adalah malaikat yang berpangkat tinggi. Banyak agama meyakini keberadaan makhluk-makluk gaib dengan penggambaran yang mirip sekali dengan Malaikat Agung, tetapi istilah "Malaikat Agung" lazimnya berkaitan dengan agama-agama Abrahamik.

Istilah "Malaikat Agung" maupun "Penghulu Malaikat" adalah frasa yang digunakan sebagai padanan kata Yunani Αρχάγγελος, Arkanggelos, gabungan kata ἀρχι-, arki, yang berarti "penghulu" atau "ketua", dan kata άγγελος, anggelos, yang berarti "duta", yakni padanan Yunani untuk kata Ibrani, מַלְאָךְ, mal'ák, yang dapat diartikan sebagai "malaikat" maupun "duta".[1]

Mikhael, Gabriel, serta Rafael dikenal sebagai malaikat-malaikat agung dalam agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Kitab Tobit—diakui sebagai bagian dari Alkitab oleh Gereja Katolik dan Ortodoks, tetapi dianggap apokrif di kalangan Protestan—meriwayatkan tentang Rafael, yang juga dianggap salah satu malaikat agung. Malaikat Agung Gabriel, Malaikat Agung Mikhael, dan Malaikat Agung Rafael dihormati dalam Gereja Katolik Roma yang memperingatinya setiap tanggal 29 September (sejak 1921 sampai 1969, Malaikat Agung Gabriel diperingati setiap tanggal 24 Maret, dan Malaikat Agung Rafael diperingati setiap tanggal 24 Oktober). Gereja Ortodoks Timur memperingati ketiga malaikat agung ini setiap tanggal 8 November (menurut penanggalan Julian, yang bertepatan dengan tanggal 21 November dalam kalender Gregorian). Malaikat-malaikat agung dalam agama Islam adalah Jibril (Gabriel), Mika'il (Mikhael), Israfil, dan Malak al-Maut. Kitab-kitab dalam khazanah susastra Yahudi, seperti Kitab Henokh, menyebut Metatron sebagai malaikat agung, berjulukan "yang tertinggi di antara para malaikat", meskipun tidak semua sekte dalam agama Yahudi mengakuinya.

Beberapa sekte Yahudi mengaku mengenal sekumpulan Tujuh Malaikat Agung, namun nama malaikat-malaikat dalam kumpulan ini berbeda-beda dari satu sekte ke sekte lainnya. Gabriel, Mikhael, dan Rafael selalu termasuk anggota kumpulan ini; nama empat malaikat lainnya berbeda-beda, tetapi kebanyakan memasukkan Uriel, yang termaktub namanya dalam Kitab Ezra II.

Naskah-naskah suci agama Majusi menyinggung tentang Enam Amesya Spenta Agung (Amesya Spenta secara harfiah berarti "Makhluk-Makhluk Abadi Yang Pemurah/Suci")[2] dari Ahura Mazda.

Semakin banyak pakar antropologi, teologi, dan filsafat yang meyakini bahwa ajaran agama Majusi memuat sari-sari kepercayaan purba akan malaikat-malaikat.[3]

Para Amesya Spenta dalam ajaran Majusi mirip dengan malaikat-malaikat agung. Masing-masing mendiami raga abadi yang berkarya di alam ragawi untuk melindungi, menuntun, serta mengilhami umat manusia, dan di alam rohani. Kitab Awesta membabarkan asal-muasal serta hakikat para malaikat agung atau Amesya Spenta ini.[3]

Demi menjaga keseimbangan, Ahura Mazda melakukan tindakan penciptaan yang pertama, memancarkan Roh Sucinya, Spenta Mainyu, Malaikat Agung Kebajikan. Ahura Mazda juga memancarkan dari dirinya enam Amesya Spenta, yang bersama-sama dengan Spenta Mainyu membantu penciptaan semesta alam ragawi. Selanjutnya ia memantau perkembangan enam belas negeri, masing-masing telah diresapi dengan kekuatan budaya tersendiri yang dirancang untuk mendorong terbentuknya populasi-populasi umat manusia yang berlainan satu sama lain. Para Amesya Spenta ditugaskan untuk menjaga tanah-tanah suci itu dan dengan dipancarkannya mereka, diyakini pula telah menghubungkan masing-masing populasi dengan Tuhan.[4]

Para Amesya Spenta (amesya berarti abadi & spenta berarti kecemerlangan dan kebajikan) sebagai sifat-sifat Tuhan adalah:

Malaikat dalam bahasa Ibrani adalah "malakh," artinya pesuruh atau pengemban amanat, karena para malaikat diutus Tuhan untuk melaksanakan berbagai tugas. Alkitab Ibrani menggunakan istilah-istilah seperti מלאכי אלוהים (malakhi Elohim; Malaikat Allah),[5] מלאכ י י (malakhi Adonai; Malaikat Tuhan),[6] בני אלוהים (b'nai elohim; putra-putra Allah), dan הקדושים (ha-q'dosyim; yang kudus) untuk menyebut makhluk-makhluk yang turun-temurun ditafsirkan sebagai para pesuruh surgawi. Istilah-istilah lain digunakan dalam naskah-naskah yang lebih kemudian, misalnya העליונים (ha-elyonim, yang ada di tempat tinggi, atau yang ada di puncak). Sesungguhnya para malaikat tidak lazim dijumpai dalam kitab-kitab kecuali dalam kitab-kitab yang ditulis lebih kemudian seperti Kitab Daniel, walaupun malaikat secara singkat dikisahkan dalam riwayat Yakub (yang, menurut beberapa tafsiran, bergumul dengan sesosok malaikat) dan Lot (yang mendapat peringatan dari para malaikat menjelang penghancuran Sodom dan Gomora). Daniel adalah tokoh Alkitab pertama yang menyebut malaikat dengan nama.[7] Oleh karena itulah secara luas diduga bahwa ketertarikan umat Yahudi pada para malaikat berkembang semasa pembuangan Babel.[8] Menurut Rabbi Simeon ben Lakisy dari Tiberias (230–270 Masehi), nama-nama tertentu bagi malaikat-malaikat dibawa oleh umat Yahudi sekembalinya dari Babel.

Tidak ada keterangan jelas mengenai malaikat-malaikat agung dalam naskah-naskah kanonik Alkitab Ibrani (Perjanjian Lama). Dalam Agama Yahudi pasca-Alkitab, malaikat-malaikat tertentu kelak memiliki arti penting tertentu serta memiliki kepribadian dan peranan tersendiri. Walaupun malaikat-malaikat agung ini diyakini berpangkat tinggi di antara bala tentara surga, tidak ada upaya untuk membuat suatu susunan hierarki. Metatron dianggap sebagai salah satu malaikat tertinggi dalam ajaran mistik Merkava dan kabala serta kerap bertugas sebagai juru tulis. Metatron disebut secara ringkas dalam Talmud,[9] dan tampil menonjol dalam tulisan-tulisan mistik Merkava. Mikhael, yang bertugas sebagai petarung dan pembela Israel (Daniel 10:13:KJV), dikagumi secara khusus. Gabriel diriwayatkan dalam Kitab Daniel (Daniel 8:15-17:KJV) dan secara ringkas disebut dalam Talmud,[10] dan banyak tulisan-tulisan mistik Merkava. Penyebutan terawal tentang para malaikat agung terdapat dalam karya-karya tulis yang berasal dari periode di antara penyusunan Alkitab Perjanjian Lama dan Alkitab Perjanjian Baru (misalnya, 4 Ezra 4:36).

Dalam Kabala ada sepuluh malaikat agung, masing-masing terkait dengan satu sefira: Metatron, Raziel (atau Jofiel), Tzafkiel, Tzadkiel, Kamael, Rafael, Haniel, Mikhael, Gabriel, dan Sandalfon. Bab 20 dari Kitab Henokh menyebut tujuh malaikat kudus yang berjaga-jaga, yang sering kali dianggap sebagai tujuh penghulu malaikat: Mikhael, Rafael, Gabriel, Uriel, Saraqael, Raguel, dan Remiel.[11] Riwayat Adam dan Hawa juga memuat daftar para penghulu malaikat: Mikhael, Gabriel, Uriel, Rafael, dan Yoel. Maimonides, filsuf Yahudi Abad Pertengahan, menyusun suatu hierarki malaikat Yahudi.

Perjanjian Baru beberapa kali menyebutkan tentang para malaikat, tetapi hanya dua kali menggunakan kata "penghulu malaikat", dalam 1 Tesalonika 4:16 ("Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit") dan Yudas 1:9 ("Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!").

Dalam ajaran Katolik Roma, ada tiga malaikat agung yang disebutkan namanya:

Rafael sendiri menyatakan jati dirinya dalam Tobit 12:15 sebagai berikut: "Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia."

Kitab Ezra Keempat, yang menyebut-nyebut tentang Malaikat Uriel, pernah populer di Barat dan kerap dikutip oleh para Bapa Gereja, khususnya Ambrosius, tetapi tidak pernah dianggap sebagai bagian dari Kanon Alkitab Katolik.[12]

Tidak ada pengakuan resmi dari Gereja Katolik mengenai nama-nama malaikat dalam kitab-kitab apokrif, seperti Raguel, Saraqael, dan Remiel (Kitab Henokh), ataupun Izidkiel, Hanael, dan Kefarel (kitab-kitab sejenis).[13]

Tradisi Ortodoks Timur menyebut-nyebut tentang keberadaan "ribuan malaikat agung;[14] namun hanya tujuh di antaranya yang disebutkan namanya.[15] Uriel termasuk di antaranya, serta tiga malaikat yang sering kali disebut dengan nama Selafiel, Yegudiel, dan Barakhiel (malaikat yang kedelapan, Yeremiel, kadang-kala diikutkan pula sebagai malaikat agung).[16] Gereja Ortodoks merayakan Sinaksis Malaikat Agung Mikhael dan Kuasa-Kuasa Tanpa Raga lainnya setiap tanggal 8 November dalam Kalender Iulianum (21 November dalam Kalender Gregorianum). Hari-hari peringatan lainnya yang masih bersangkut-paut dengan malaikat agung di antaranya adalah Sinaksis Malaikat Agung Gabriel setiap tanggal 26 Maret (8 April), dan Mukjizat Malaikat Agung Mikhael di Kolose setiap 6 September (19 September). Selain itu, setiap hari minggu sepanjang tahun didedikasikan bagi para malaikat, dengan secara khusus menyanyikan kidung-kidung Mikhael dan Gabriel di gereja. Dalam ikonografi Ortodoks, tiap-tiap malaikat mempunyai representasi simbolis:[16]

Dalam kanon Alkitab Gereja Tewahedo Ortodoks Ethiopia, 1 Henokh menyebutkan Saraqael sebagai salah satu di antara malaikat-malaikat yang berjaga-jaga atas "roh-roh yang berdosa dalam roh." (20:7, 8).

Dalam Alkitab versi Protestan, tercantum nama-nama tiga malaikat: "Penghulu Malaikat Mikhael", Malaikat Gabriel, yang disebut "Gabriel" dalam Daniel 9:21:{{{ayat}}}, dan "Abadon" atau "Apolion" dalam Wahyu 9:11. Di kalangan Protestan, ajaran Anglikan dan Metodis mengakui empat malaikat sebagai penghulu malaikat: Penghulu Malaikat Mikhael, Penghulu Malaikat Rafael, Penghulu Malaikat Gabriel, dan Penghulu Malaikat Uriel.[17][18] Para penghulu malaikat ini diperingati setiap tanggal 29 September, yang disebut Michaelmas, dalam kalender Gereja Anglikan.[19] Penginjil Billy Graham pernah menulis bahwa dalam Kitab Suci, satu-satunya sosok yang secara eksplisit digambarkan sebagai penghulu malaikat adalah Mikhael dalam Yudas 1:9.[20][21]

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh meyakini bahwa "Mikhael" dan "penghulu malaikat" sebenarnya menunjuk pada Yesus. Mereka merujuk pada pendeta nonkonformis Matthew Henry yang mendukung pandangan ini.[22]

Saksi-Saksi Yehuwa, mengutip ayat 1 Tesalonika 4:16 yang menyebut-nyebut "seruan penghulu malaikat", juga meyakini bahwa Mikhael adalah nama lain untuk Yesus di surga.[23]

Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (Gereja LDS) memaknai istilah penghulu malaikat sebagai "Malaikat Kepala",[24] Mikhael adalah satu-satunya pribadi yang disebut demikian dalam kanon LDS.[25] Diyakini bahwa ia adalah kepala segenap malaikat.[24] Ajaran Gereja LDS juga menyatakan bahwa Penghulu Malaikat Mikhael adalah manusia pertama, Adam.[26] Meskipun tidak ada makhluk lain yang dikenal sebagai "penghulu malaikat," Joseph Smith mengajarkan bahwa Malaikat Gabriel dikenal dalam kehidupan fana sebagai Nuh,[27] dan bahwasanya malaikat Rafael adalah sosok yang penting, sekalipun tidak pernah diidentifikasi sebagai salah satu nabi yang fana.[28]

Dalam Islam, malaikat-malaikat agung yang disebutkan namanya[29] dalam Al Qur'an meliputi:

Para praktisi okultisme kadang kala menghubung-hubungkan para penghulu malaikat seperti dalam Kabala dengan musim-musim atau unsur-unsur, atau bahkan dengan warna-warna tertentu. Dalam beberapa sistem upacara sihir berdasarkan Kabala, keempat-empat malaikat agung utama (Gabriel, Mikhael, Rafael, dan Uriel) diseru sebagai penjaga keempat penjuru bumi, atau keempat arah mata angin, dan warna-warna tertentu yang dikaitkan dengan mereka dihubung-hubungkan dengan macam-macam kekuatan sihir.[32] Lucifer atau Sataniel dalam tradisi-tradisi keagamaan Yahudi-Kristen, atau Iblis dalam Islam, dianggap sebagai malaikat agung oleh para penganut kepercayaan Satanisme dan banyak penganut kepercayaan non-Satanisme, tetapi non-Satanisme menganggapnya sebagai Si Jahat dan tersingkir dari rahmat Tuhan.

Dalam seni rupa, malaikat-malaikat agung kadang kala digambarkan bersayap besar. Malaikat-malaikat agung yang lazimnya ditampilkan dalam karya-karya seni rupa adalah Gabriel, Mikhael, Rafael, dan Uriel.[33]

Mantra dalam upacara kecil tolak bala pentagram berisi kata-kata "di depanku Rafael; di belakangku Gabriel; di kananku Mikhael; di kiriku Auriel (Uriel)..."[34]

Malaikat-malaikat agung digambarkan dalam banyak film dan serial TV.

Wikimedia Commons memiliki media mengenai

Siapakah yang dimaksud dengan ketujuh malaikat tersebut di atas?

Dalam Alkitab malaikat agung yang sering disebut yaitu 1. Mikhael, 2. Gabriel, 3. Rafael, sedang keempat malaikat agung lainnya kemungkinan adalah 4. Uriel, 5. Barrachiel, 6. Sealtiel dan 7. Yehudiel.

1. Malaikat Agung St Mikael , “Siapakah seperti Tuhan”,

St. Mikael dikenal sebagai malaikat keadilan, dan kitab Taurat mengenal malaikat ini sebagai penghancur Sodom dan Gommorah dan sebagai malaikat yang membantu penguburan Nabi Musa. Ia adalah malaikat perang melawan iblis dan pengikutnya. Ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Kerub yang menjaga pohon kehidupan. Ia dapat dimohon untuk: bertarung melawan iblis, menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka pada saat sakratul maut. Michael disebut sebagai Penjaga Sakramen Mahakudus Ekaristi. Ia adalah pemimpin balatentara surga, sebagai seorang prajurit ia tidak hanya melindungi jiwa-jiwa tetapi juga melindungi kita dari musuh dan melindungi Tuhan Kita, dalam sakramen suci. Ia memiliki kuasa untuk menghukum siapapun yang berdosa melawan sakramen ini.

2. Raphael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Ia hanya muncul dalam kitab Tobit.

Rafael ialah penjaga Sakramen Tobat. Rafael digambarkan membawa wadah minyak pengurapan dan ikan. Minyak melambangkan penyembuhan melalui sakramen pengakuan dosa. Ikan juga mengingatkan akan perlindungan yang ia berikan pada Tobit muda atas iblis Asmoday dan penyembuhan atas ayahnya yang buta.

3. Malaikat Agung Santo Gabriel disebut dalam Injil.

St. Gabriel adalah malaikat Inkarnasi dan juga dikenal sebagai malaikat belas kasihan. Ia disebut sebagai penjaga sakramen Baptis. Gabriel merupakan Malaikat Agung yang memberitakan kabar gembira dan kemenangan inkarnasi melawan dosa dan maut. Ia sering digambarkan memegang bunga lili yang melambangkan jiwa murni yang dihasilkan melalui melalui sakramen baptis dan sakramen tobat, dua sakramen sebagai buah penebusan Kristus. Benderanya melambangkan kasih sayang Bunda Suci yang universal.

St. Uriel membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus, yaitu kita melalui sakramen krisma. Ia membawa api yang mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentekosta dan bara yang merupakan karunia Roh Kudus. Ia mengingatkan kita akan hati harus dibakar dengan cinta tersuci pada Tuhan seperti para seraphim, seperti Hati Suci Yesus dan Maria. Santo Uriel membawa neraca yang melambangkan penilaian tindakan kita. Selain itu juga melambangkan neraca milik Keadilan Sejati yang akan menimbang kita di hari penghakiman. St. Uriel membawa pedang yang menjaga Taman Eden. Wujudnya adalah seorang laki-laki yang membawa pedang menyala

Santo Yehudiel membawa sebuah mahkota yang membara yang melambangkan penebusan dan belas kasih Tuhan dan kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya sekaligus melambangkan penderitaan kita yang ditanggung dalam diri Tuhan kita Yesus Kristus.

Malaikat berkata untuk memimpin sepasukan malaikat 496,000. Ketiga Kitab Henokh menjelaskan dirinya sebagai salah satu dari empat penguasa Serafim dan malaikat petir. Dia sering digambarkan memegang putih bangkit melawan dada, atau dikelilingi di kelopak mawar putih.

St. Sealtiel merupakan Malaikat Agung yang membawa dupa melambangkan doa dan penyerahan pada Pengorbanan Tuhan dalam misa kudus.

Konsep Tujuh Malaikat Agung ditemukan dalam beberapa karya sastra Yahudi awal.

Istilah malaikat agung sendiri tak ditemukan dalam Alkitab Ibrani. Dalam Perjanjian Baru, istilah malaikat agung hanya ditemukan dalam 1 Tesalonika 4:16 dan Yudas 1:9, dimana istilah tersebut merujuk kepada Mikael, yang dalam Daniel 10:13 disebut 'salah satu kepala pangeran dan 'pangeran besar'. Dalam Septuagint, ia disebut 'malaikat besar."[1]

Gagasan tujuh malaikat agung secara paling eksplisit disebutkan dalam deuterokanonikal Kitab Tobit dimana Rafael mewahyukan diri sendiri, mendeklarasikan: "Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia." (Tobit 12:15) Dua malaikat agung lain yang disebutkan namanya dalam Alkitab adalah Mikael dan Gabriel. Empat nama malaikat agung lain berasal dari tradisi.

Sebuah tradisi malaikat agung semacam itu berasal dari apokrifa Yahudi Perjanjian Lama, yakni Kitab Malaikat Penjaga dari abad ketiga SM,[2] yang kemudian digabung dengan beberapa kitab lain menjadi 1 Henokh (Kitab Henokh),[3][4][5] dan menjadi bagian dari kitab kanonik Gereja Tewahedo Ortodoks Ethiopia, meskipun pada abad ketujuh, kitab tersebut ditolak oleh para pemimpin Kristen dari seluruh mahzab sebagai kitab kanonik, dan meskipun sejalan dengan tradisi-tradisi apostolik Yahudi dan gereja perdana (serta tulisan para pemimpin Kristen awal), kitab tersebut diturunkan dari status akademik dan relijius yang sejalan dengan kitab kanonik lainnya, membaut teks tersebut tak ditemukan dalam sebagian besar belahan dunia, karena kitab tersebut dilarang dari abad ke-7 Masehi. Daftar malaikat yang masih ada hanya sebagai bagian dari tradisi lisan yang berbeda satu sama lain tergantung pada wilayah geografis.

Rujukan-rujukan Kristen spesifik terawal adalah pada akhir abad ke-5 sampai awal abad ke-6: Pseudo-Dionisius menyebut mereka sebagai Mikael, Gabriel, Rafael, Uriel, Kamael, Yofiel, dan Zadkiel.[6] Paus Santo Gregorius I menyebut mereka sebagai Mikael, Gabriel, Rafael, Uriel (atau Anael), Simiel, Origiel, dan Raguel. Dalam kebanyakan tradisi lisan Kristen Protestan, hanya Mikael dan Gabriel yang disebut sebagai "malaikat agung", seperti halnya kebanyakan pandangan Muslim aliran utama. Sementara dalam tradisi-tradisi Kristen Katolik Roma, Rafael juga diliputkan, membuat kelompok tersebut berjumlah tiga.

Dalam Gereja Katolik, tiga malaikat agung disebutkan namanya dalam kitab kanon: Mikael, Gabriel, dan Rafael. Rafael muncul dalam deuterokanonika Kitab Tobit, dimana ia dideskripsikan sebagai "salah satu dari tujuh malaikat yang yang melayani di hadapan Tuhan yang mulia",[7] sebuah frase yang disebutkan ulang dalam Wahyu 8:2–6.

Beberapa pandangan Gereja Ortodoks Timur, yang tertuang dalam Alkitab Slavonik Ortodoks (Alkitab Ostrog, Alkitab Elizabeth, dan kemudian Alkitab Sinodal Rusia), juga mengakui 2 Esdras, yang menyebut Uriel. Gereja Ortodoks Timur dan gereja-gereja Katolik Timur dari tradisi Bizantium, memuliakan tujuh malaikat agung dan terkadang delapan. Mikael, Gabriel, Rafael, Uriel, Selafiel (Salatiel), Yegudiel (Yehudiel), Barakiel, dan yang kedelapan, Yerahmel (Yeremiel).[8]

Selain Uriel, Kitab Henokh, yang tak dainggap kanonik bagi sebagian besar gereja Kristen, menyebut Raguel, Sariel, dan Yerahmel dalam pasal 21, sementara sumber apokrifa lainnya menyebut nama Izidkiel, Hanael, dan Kepharel.[9]

Dalam tradisi Ortodoks Koptik, tujuh malaikat agung tersebut disebut sebagai Mikael, Gabriel, Rafael, Suriel, Zadkiel, Saratiel, dan Aniel.[10][11][12]

Dalam tradisi Anglikan dan Episkopal, mereka terdiri dari tiga atau empat amalaikat agung dalam kalender untuk 29 September, perayaan Santo Mikael dan Seluruh Malaikat (juga disebut Michaelmas), yakni Mikael, Gabriel, dan Rafael,[13] dan sering kali juga Uriel.[14][15][16][17][18]

Meskipun dalam Kitab Henokh, Ramiel disebut sebagai salah satu pemimpin 200 Grigori, para malaikat jatuh, pemimpin tersebut diidentifikasikan sebagai Semjaza. Nama-nama lain yang berasal dari pseudepigrafa dan diakui oleh gereja-gereja Ortodoks Oriental adalah Selafiel, Yegudiel, dan Raguel.

Dalam Ismailisme, terdapat tujuh kerubim, berbanding dengan Tujuh Malaikat Agung yang diperintahkan untuk bersujud kepada Qadar.[19]

Dalam agama Yazidi, terdapat tujuh malaikat agung, yakni Jabra'il, Mika'il, Rafa'il (Israfil), Dadra'il, Azrail dan Shamkil (Shemna'il) dan Azazil, yang diperintahkan oleh Allah untuk merawat dunia yang diciptakan oleh-Nya.[20]

Berbagai sistem oklutis mengaitkan setiap malaikat agung dengan salah satu dari "tujuh luminer" tradisional (tujuh objek yang dapat dilihat dengan mata telanjang di langit: tujuh planet klasik): matahari, bulan, Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus.[21]

Menurut Rudolf Steiner, empat malaikat agung juga mewakili kegiatan spiritual periode atas musim-musim: musim semi adalah Rafael, musim panas adalah Uriel, musim gugur adalah Mikael dan musim dingin adalah Gabriel.[22]

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut Doa Litani Santo Mikhael, malaikat Agung dalam tradisi Gereja Katolik.

Litani Santo Mikhael merupakan sebuah Doa Litani Gereja Katolik Roma kepada Santo Mikhael.

Pada Tradisi Talmud nama Santo Mikhael berarti dia "yang seperti El (Allah)" (tetapi secara harafiah berarti "Serupa dengan El".

Namun menurut Rabi Simeon ben Lakish (230-270 M), semua nama yang spesifik dari para malaikat dibawa kembali oleh orang-orang Yahudi dari Babel.

Banyak penafsir modern yang setuju dengan pernyataan ini.

Santo Mikhael juga salah satu malaikat utama dalam tradisi Abrahamik.

Namanya konon adalah seruan peperangan para malaikat dalam pertempuran yang mereka lakukan di sorga dalam melawan Setan dan para pengikutnya.

• Doa Devosi kepada Santo Mikhael, Malaikat Agung dalam Tradisi Gereja Katolik

Tuhan, kasihanilah kami, Kristus, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami; Kristus, dengarkanlah kami.

Kristus, kabulkanlah doa kami.

Allah Bapa di surga, kasihanilah kami.

Allah Putra, Penebus dunia, kasihanilah kami.

Allah Roh Kudus, kasihanilah kami.

Malaikat Agung Uriel

Malaikat Uriel adalah malaikat yang membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus melalui sakramen krisma. Ia membawa api untuk mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentakosta dan bara yang merupakan karunia Roh. Uriel juga membawa pedang menyala yang menjaga taman Eden.

Legenda juga mengatakan bahwa Uriel berdiri di pintu gerbang The Lost Eden dengan pedang berapi-api dengan sayapnya yang beraura emas keunguan. Dikatakan Uriel merupakan salah satu malaikat yang meratakan kota Sodom dan Gomora menjadi abu berdasarkan perintah Tuhan untuk penghakiman terhadap manusia-manusia yang melanggar perintah-Nya.

Nama-Nama Malaikat Agung dan Tugasnya

Siapa sajakah yang dimaksud dengan ketujuh malaikat agung di atas?

Malaikat agung Katolik merupakan pelayan Tuhan yang di tugaskan khusus dalam mengatur dan menjaga setiap umat manusia. Keberadaan malaikat merupakan kebenaran iman, kesaksian kitab suci. Seperti yang di jelaskan dalam alkitab berikut tentang Malaikat agung dalam agama Katolik.

Sebab anak manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya, pada waktu itu ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Sebab ada tertulis “Mengenai Engkau, ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau”.

Inilah 7 nama-nama malaikat agung di dalam agama Katolik beserta peranan masing-masing:

Malaikat Agung Yehudiel

Malaikat Yuhudiel adalah malaikat yang bertanggung jawab sebagai penolong umat manusia di saat kematian, dan penjaga Sakramen Pengurapan orang sakit. Malaikat Yuhudiel di gambarkan sebagai pembawa sebuah mahkota yang penuh pengampunan dan penebusan belas kasih serta kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya.

SuaraJogja.id - Dalam beberapa agama, dipercaya adanya malaikat sebagai pelindung umat pemeluk agama tersebut. Salah satunya agama Katolik, yang mempercayai akan keberadaan dan peran tiga malaikat tiga malaikat agung: Gabriel, Mikael, dan Rafael.

Malaikat agung--dalam bahasa Inggris archangel--sendiri memiliki definisi berbeda dari malaikat--atau angel. Semua malaikat adalah pembawa pesan Allah, sedangkan malaikat agung memiliki tingkatan lebih tinggi, dengan tugas khusus.

Dalam Gereja Katolik Roma, terdapat banyak malaikat yang tak terhitung jumlahnya, tetapi hanya ada tiga malaikat agung yang diyakini, yakni Gabriel, Mikael, dan Rafael. Sementara itu, malaikat lainnya tidak diberi nama.

Setiap tahun, berdasarkan kalender liturgi, umat Katolik merayakan Pesta Malaikat Agung pada 29 September. Tak hanya itu, pada 2 Oktober terdapat pula Pesta Para Malaikat Pelindung.

Baca Juga:Mengapa Umat Katolik menjadikan Oktober sebagai Bulan Rosario?

Untuk mengetahui lebih lanjut peran ketiga Malaikat Agung. Simak ulasan singkatnya di bawah ini:

1. Malaikat Agung Santo Mikael

Mikael dikenal sebagai malaikat pemimpin baala tentara surga yang membela kaum beriman dari serangan musuh dan kejahatan.

Sang panglima perang juga memimpin para malaikat mencampakkan setan serta menghadapi pemberontakan dalam neraka.

Dalam segala penganiayaan, godaan, dan perpecahan, Mikael dipandang sebagai sang pembela kebajikan, yang juga ditunjukkan olehnya saat mengalahkan Lucifer dan kelompoknya.

Baca Juga:Diundang Menag Yaqut, Paus Fransiskus Bakal Sapa Umat Katolik di Indonesia

2. Malaikat Agung Santo Gabriel

Dikenal sejak Perjanjian Lama dalam Alkitab, Gabriel adalah satu-satunya malaikat agung yang namanya disebut dalam Injil. Ia dikenal sebagai pembawa kabar gembira dari Tuhan.

Dengan perannya tersebut, Gabriel bertugas membantu manusia memahami misteri dan kehendak Allah.

Kisahnya yang paling populer adalah saat ia mengunjungi Zakaria untuk memberitakan bahwa Elisabet, istri Zakaria, akan melahirkan Yohanes meskipun saat itu Elisabet sudah berusia lanjut. Selain itu, Gabriel juga mengunjungi Perawan Maria untuk mengabarkan bahwa Yesus akan dilahirkan olehnya.

3. Malaikat Agung Santo Rafael

Memiliki arti "obat Tuhan", "tabib Allah", atau "kesembuhan dari Tuhan", Rafael diutus Allah untuk menyembuhkan manusia dari penyakit dan menguatkan kelemahan jiwanya supaya terbebas dari penghambaan dosa dan setan.

Bukan itu saja, Rafael juga memiliki peran sebagai penjaga Sakramen Tobat, bahkan "mak comblang"; dalam Katolik dikenal doa melalui Santo Rafael untuk menemukan pasangan hidup yang tepat.

Apakah itu malaikat? Kata malaikat sering kita jumpai dalam Alkitab. Malaikat itu sendiri dikatakan sebagai ciptaan rohani yang berarti “Utusan Tuhan” atau “Pesuruh Tuhan”. Malaikat bisa juga dikatakan sebagai asisten Allah.

Dalam Gereja Katolik, kita bisa menemukan kisah-kisah malaikat dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, diantaranya: malaikat yang mewartakan kelahiran Yesus, malaikat pembisik Yusuf, malaikat yang menemui Yesus di Taman Getsemani dan malaikat yang muncul di makam ketika Yesus bangkit. Juga dalam Kitab Kejadian, Kitab Daniel, dan Kitab Tobit.

Hari ini, kita merayakan Pesta Para Malaikat Agung. Siapa saja ketiga Malaikat Agung itu?

Malaikat Agung Mikael

Malaikat Agung Mikael berarti “Siapakah yang seperti Tuhan?”Penglihatan dalam Kitab Daniel menceritakan Malaikat Agung Mikael digambarkan sebagai seseorang yang membantu Israel melawan para musuhnya (bdk. Daniel 12:1). Sedangkan dalam Kitab Wahyu, Malaikat Agung Mikael menjadi pemimpin pasukan malaikat saat mengalahkan kekuatan para iblis yang dipimpin oleh Lucifer (bdk. Wahyu 12:7-9). Selain itu, ia juga disebutkan dalam suatu perselisihan dengan iblis mengenai mayat Musa. Mikhael tidak berani menghardik iblis, namun ia mengatakan ‘kiranya Tuhan menghardik engkau! (bdk. Yudas 1:9).

Oleh karena itu, Malaikat Agung Mikael memiliki peran penting dalam membela kita melawan setan dan kuasa-kuasa jahat.

Paus Leo XIII bahkan menyusun sebuah doa untuk Malaikat Agung Mikael, judulnya “Doa kepada Malaikat Agung St. Mikael”:

“Malaikat Agung St. Mikael, belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam melawan segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon dengan rendah hati agar Allah menaklukannya, dan engkau, o panglima belatentara surgawi, dengan kuasa ilahi, usirlah ke neraka setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di seluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin”.

Sesuai kisahnya, maka tugas Malaikat Agung Mikael adalah pemimpin para malaikat yang setia kepada Allah. Kita dapat memohon bantuan kepada St. Mikael agar kita diberikan keteguhan dalam iman dan berani mewartakan iman kita.

Malaikat Agung Gabriel

Malaikat Agung Gabriel berarti “Kekuatan Allah”. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan nama malaikat agung yang sangat populer ini. Malaikat Agung Gabriel adalah malaikat yang datang kepada Bunda Maria untuk memberitahukan bahwa Bunda Maria akan melahirkan dan membesarkan Yesus, Sang Mesias (bdk. Lukas 1:26-38).

Dalam kisah itu, kita selalu ingat bahwa Malaikat Agung Gabriel menyampaikan salam kepada Bunda Maria.

Kemunculan Malaikat Agung Gabriel juga dapat kita saksikan ketika Zakharia menerima warta akan lahirnya St. Yohanes Pembaptis dari istri Zakharia, Elisabeth yang sudah dikatakan mandul (bdk. Lukas 1:5-25).

Dari kisah-kisah tersebut, sudah jelas bahwa peran Malaikat Agung Gabriel adalah pewarta kabar, utusan Tuhan untuk membawa kabar sukacita.

Kepada Malaikat Agung Gabriel, kita dapat memohon bantuan agar diberikan untuk menjadi pembawa warta sukacita Allah seperti Malaikat Agung Gabriel.

Malaikat Agung Rafael

Malaikat Agung Rafael berarti “Kesembuhan dari Allah”.

Kisah Malaikat Agung Rafael dapat ditemukan dalam Kitab Tobit, khususnya di dalam Kitab Tobit 3:17, Kitab Tobit 5:1-23, Kitab Tobit 11:1-19, maupun Kitab Tobit 12:1-22, di mana Malaikat Agung Rafael menjadi teman perjalanan bagi Tobia, anak dari Tobit, dalam upaya mencari obat untuk menyembuhkan ayahnya, Tobit (bdk. Tobit 5:1:23).

Selain itu, ia melepaskan Tobias dari pengaruh setan Asmodeus (bdk. Tobit 3:17). Malaikat Agung Rafael juga menjadi penyembuh kebutaan Tobit. Malaikat berperan dalam penyembuhan mata Tobit yang buta (bdk. Tobit 11:1-19).

Selain itu, juga dipercaya sebagai malaikat yang turun ke dalam kolam Bethesda dan membuat air di kolam Bethesda tersebut bergolak hebat sehingga barangsiapa yang mampu turun ke dalam kolam tersebut saat kolam bergolak, maka akan sembuh dari semua penyakit.

Dari kisah-kisah tersebut, Malaikat Agung Rafael dikatakan sebagai malaikat penunjuk jalan dan penyembuh.

Kepada Malaikat Agung Rafael kita dapat mohon bantuannya untuk melindungi kita dalam perjalanan, termasuk perjalanan yang paling dekat sekalipun, misalnya menyeberang jalan, membeli sesuatu di warung, atau ke sekolah. Selain itu, kepada Malaikat Agung Rafael, kita pun dapat memohon pertolongannya ketika kita atau orang yang kita kasihi, atau siapa saja menderita penyakit.

Baca juga : Santo Wenseslaus

Malaikat Agung dan Perannya

Peran besar Malaikat Agung sebagai utusan Tuhan sangat dekat dengan kita. Sebagai utusan Tuhan, malaikat menjaga kita dalam beriman kepada Kristus agar tidak terpisah dari keselamatan yang datangnya hanya dari Allah melalui Tuhan kita Yesus Kristus.

Kita patut bersyukur, karena kita tidak berjuang sendiri tetapi Allah senantiasa menyertai dan melindungi kita melalui para malaikat-Nya.

Dalam Konsili Roma pada tahun 745 di bawah pemerintahan Paus Santo Zakharia ( Pope Saint Zachary), Gereja Katolik secara resmi hanya mengakui nama tiga dari tujuh Malaikat: St. Michael, St. Gabriel, dan St. Raphael.

Alasan Gereja Katolik mengakui hanya tiga Malaikat Agung adalah karena ketiga Malaikat yang disebutkan dalam Kitab Suci. Tiga malaikat tersebut secara resmi diakui sebagai nama malaikat dalam doktrin Gereja Katolik. Empat lainnya diakui sebagai kelompok kerubim atau makhluk surga yaitu St. Uriel, St. Yehudiel, St. Barachiel, St. Sealtiel.

Referensi : Wikipedia – YOUCAT Indonesia

PESTA TIGA MALAIKAT AGUNG

(Bacaan Pertama Misa Kudus, Pesta S. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung, Kamis 29-9-11)

Kemudian timbullah peperangan di surga. Mikael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga.  Naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Lalu aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata, “Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara seiman kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. Mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai harus menghadapi maut. Karena itu, bersukacitalah, hai surga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu bahwa waktunya sudah singkat.” (Why 12:7-12)

Bacaan Pertama alternatif: Dan 7:9-10,13-14;  Mazmur Tanggapan: Mzm 138:1-5; Bacaan Injil: Yoh 1:47-51

Yohanes (penulis Why) melaporkan sebuah peperangan di surga, antara Mikhael yang dibantu oleh para malaikat lainnya di satu pihak dengan Iblis yang dibantu oleh para malaikat pemberontak. Iblis dan para malaikat jahat akhirnya dikalahkan oleh darah Anak Domba (Why 12:7-11).

Hari ini kita merayakan ‘Pesta S. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung’. Gereja selalu menegaskan keberadaan para malaikat. Katekismus Gereja Katolik (KGK) mengatakan bahwa malaikat adalah makhluk rohani tanpa badan yang mempunyai akal budi dan kehendak. Malaikat adalah pelayan dan pesuruh Allah. Mereka adalah wujud pribadi dan tidak dapat mati. Mereka melampaui segala makhluk yang kelihatan dalam kesempurnaan (KGK 328-330). Pada hari yang khusus ini baiklah kita masing-masing merenungkan pertanyaan-pertanyaan berikut: Peranan apakah yang dimainkan para malaikat dalam rencana Allah bagi umat-Nya? Mengapa mereka penting? Apakah mereka mempunyai arti bagi kita dewasa ini? Bagaimana seharusnya kita memandang para malaikat itu dalam terang Yesus? Kristus adalah pusat dunia malaikat: “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya” (Mat 25:31; lihat KGK 331).

Injil Matius mencatat tiga peristiwa di mana Yesus berbicara mengenai para malaikat dan apa yang dilakukan mereka (Mat 4:11; 18:10; 26:53). Saya petik salah satu saja sabda Yesus: “Ingatlah, jangan menganggap rendah salah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di surga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga” (Mat 18:10). Kata-kata Yesus ini menjadi latar-belakang dari kepercayaan banyak orang Kristiani bahwa sebagai ‘agen kasih Allah’, para malaikat memperhatikan setiap manusia di muka bumi ini. Semoga anda tidak melupakan ayat-ayat dalam mazmur yang kita selalu baca pada Ibadat Penutup setiap Minggu malam: “Sebab TUHAN (Yahwe) ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu” (Mzm 91:9-12).[1]

Fungsi-fungsi ketiga malaikat agung ini sejalan dengan pelayanan Yesus, yaitu mewartakan kabar baik, menyembuhkan orang sakit dan membebaskan orang-orang yang tertindas. Gabriel (= Allah berkuasa) adalah pesuruh utama Allah untuk membawa kabar baik kepada umat-Nya. Dia membawa kabar kepada Maria bahwa dirinya akan melahirkan sang Juruselamat. Rafael (= Allah menyembuhkan) diasosiasikan dengan pelayanan kesembuhan yang dilakukan Yesus (lihat Kitab Tobit). Mikael (= yang menyerupai Allah) membebaskan umat Allah dari penindasan dengan melakukan pertempuran melawan Iblis (Why 12:7). Iblis dan malaikat-malaikat jahat di surga memberontak terhadap Allah (Why 12:3-9) karena kedengkian si Iblis terhadap manusia (lihat KebSal 2:23-24) yang seturut kehendak-Nya menjadi “anak sulung di antara semua ciptaan-Nya” (Yak 1:18). Jadi, kalau kita mau melindungi diri kita sendiri, kita perlu mengingat bahwa ‘perang roh’ (spiritual warfare atau spiritual battle) yang kita hadapi itu adalah sungguh riil. Yesus memang telah mengalahkan Iblis dan para malaikat pemberontak, tetapi mereka masih bebas untuk menggoda dan mencobai kita sampai Yesus datang dalam kemuliaan-Nya kelak.

Pada saat kita melibatkan diri dalam ‘perang roh’ dari hari ke hari, ingatlah akan peperangan yang dilakukan antara kekuatan baik dan kekuatan jahat. Dengan memahami keseriusan peperangan atau pertempuran rohani dan bagaimana hal itu dapat membawa dampak pada kehidupan kita, maka kita dapat mempersenjatai diri kita dengan keyakinan, bahwa melalui Yesus kita ‘dimasukkan’ ke dalam komunitas Tritunggal. Dalam Kristus, tidak ada sesuatu pun yang dapat mengalahkan kita; kita bahkan dapat mengatasi setiap serangan. Para malaikat Allah selalu ada untuk membantu kita.  Kitab Suci mengatakan: “Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang akan mewarisi keselamatan?” (Ibr 1:14).

Selagi kita merayakan Pesta ketiga malaikat agung hari ini, marilah kita menghadap Yesus dengan segala kerendahan hati. Marilah kita bersyukur dan berterima kasih kepada Yesus karena kasih-Nya yang  begitu besar kepada kita dan segala berkat yang dilimpah-limpahkan-Nya kepada kita. Kita mohon kepada Yesus agar Dia mengutus para malaikat-Nya untuk menolong kita dalam ‘perang roh’ hari demi hari.

DOA: Bapa surgawi, aku bersyukur kepada-Mu untuk kemuliaan dan keagungan para malaikat-Mu, meskipun hanya ada tiga malaikat agung saja yang kuketahui namanya dari Kitab Suci. Perkenankanlah mereka menolong aku dalam ziarahku di dunia ini, yaitu dalam perjalanan pulangku kepada-Mu. Semoga selalu ada malaikat-Mu yang mendampingiku dalam ‘perang roh’ yang harus aku jalani setiap hari. Dengan penuh rasa syukur dan hati yang terbuka-lebar aku menyambut kedatangan para malaikat-Mu ke dalam tugas pelayananku, keluargaku serta Gereja, dan kehadiran mereka dalam masyarakat luas guna menolong siapa saja yang berkehendak baik. Amin.

Catatan: Untuk mendalami bacaan hari ini {Why 7:7-12), bacalah juga tulisan yang berjudul “PESTA TIGA MALAIKAT AGUNG [3]” (bacaan untuk tanggal 29-9-11) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 11-09 BACAAN HARIAN SEPTEMBER 2011. Bacalah juga tulisan dengan judul “PESTA TIGA MALAIKAT AGUNG [2]” (bacaan untuk tanggal 29-9-10) dalam situs/blog yang sama; kategori 10-09 BACAAN HARIAN SEPTEMBER 2010.

(Tulisan ini merupakan revisi dari tulisan untuk bacaan tanggal 29 September 2009)

Cilandak, 5 September 2011

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

[1] Teks diambil dari ALKITAB (TB) terbitan Lembaga Alkitab Indonesia yang mempunyai nuansa/ perbedaan-halus dengan teks  yang digunakan dalam buku Ibadat Harian.

Mendalami agama Kristen Anda akan bertemu dengan ajaran agama yang berbeda diantaranya yakni Kristen Protestan dan Kristen katolik, walaupun kedua ajaran memiliki perbedaan namun berasal dari satu ajaran yang sama yakni Kristen. Sama halnya dengan agama yang lain, agama Kristen memiliki malaikat agung yang dikenal sebagai para pemimpin tingkat tertinggi dari malaikat-malaikat lainnya.

Didalam ajaran agama Katolik, keberadaan malaikat merupakan hal yang sangat penting. Malaikat di anggap sebagai makhluk spiritual yang memiliki tugas istimewa dalam hubungan Tuhan dan umat manusia.  Setiap malaikat memiliki peran dan tugas khusus yang berpengaruh besar dalam pelaksanaan rencana ilahi. Maka dari itu, sebagai umat Kristen kita wajib mengenal 7 malaikat agung ini beserta tugas-tugas yang mereka lakukan dalam ajaran agama katolik.

Malaikat Agung Mikhael

Malaikat Agung Mikhael merupakan salah satu malaikat yang memiliki kedudukan tertinggi di antara semua malaikat. Namanya sendiri memiliki arti “siapa yang seperti Allah?” yang  mencerminkan kesetiaan dan pengabdian Mikhael kepada Sang Pencipta.

Mikhael juga dikenal sebagai malaikat keadilan, Ia adalah malaikat perang yang melawan iblis dan pengikutnya. Tugas utamanya adalah sebagai pemimpin dari pasukan surga yang melawan kekuatan jahat, yang dipercayai akan menjadi pemimpin bala tentara surga pada saat pertempuran akhir di akhir zaman melawan kekuatan jahat.

Dalam Wahyu 12:7  “Dan terjadilah perang besar di surga, Mikhael dan malaikat malaikatnya bertarung melawan naga”. Ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Kerub yang menjaga pohon kehidupan. Ia dapat di mohon untuk bertarung melawan iblis, menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka pada saat ketika manusia akan meninggal.

Malaikat Agung Barachiel

Barachiar adalah malaikat yang dikenal sebagai malaikat berkat dan malaikat ini juga merupakan pemimpin semua malaikat penjaga.

Barachiel memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan dalam doa di hadapan Tuhan untuk orang yang membutuhkan, meminta Tuhan untuk memberi mereka berkat di semua bidang kehidupan mereka, dari hubungan mereka dengan keluarga dan teman-teman untuk pekerjaan yang mereka jalani di dunia. Umat manusia meminta bantuan Barachiel mengejar kesuksesan di dunia. Karena Barachiel juga merupakan pemimpin dari malaikat penjaga, maka manusia terkadang meminta bantuan Barachiel untuk menyampaikan berkat melalui salah-satu malaikat penjaga pribadi mereka.

Barachiel juga sering kali di gambarkan, menyebarkan kelopak mawar yang melambangkan berkat-berkat manis Allah yang menghujani orang-orang, atau memegang mawar putih ke dadanya. Kemudian, kadang-kadang gambar Barachiel menunjukan Ia memegang salah satu keranjang yang penuh roti, atau staf, keduanya melambangkan berkat-berkat menghasilkan anak-anak yang tuhan berikan kepada orang tua.

Malaikat Agung Rafael

Malaikat Rafael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Di kenal sebagai malaikat penyembuh, Ia adalah penjaga sakramen Tobat, Rafael di gambarkan membawa waduk minyak pengurapan dan ikat yang melambangkan penyembuhan bagi umat manusia melalui sakramen pengakuan dosa.

Rafael bertanggung jawab atas penyembuhan rohani dan jasmani bagi umat manusia. Dalam kitab Tobit, Rafael membimbing mereka dalam proses penyembuhan, dengan mengajarkan tentang pentingnya doa, cinta kasih dan kasih sayang.

Anda mungkin ingin melihat